4 Hewan Ini Ikut Berpuasa Layaknya Manusia


Tahukah Anda, tak ubahnya dengan umat muslim yang berpuasa pada bulan Ramadan, ada beberapa jenis hewan yang juga mempraktikan puasa dalam kehidupan mereka. Apa saja? Ini dia.
1. Ular
Siapa sangka, hewan melata yang kerap kali ditakuti ini ternyata rajin berpuasa secara berkala. Ular dalam waktu tertentu akan berpuasa setelah menyiapkan cadangan makanan di perutnya.
Anda tentu sudah bisa menebak untuk apa ular berpuasa, bukan? Ya, ular berpuasa untuk melakukan pergantian kulit baru. Puasa yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan suhu badan hingga beberapa derajat di atas normal. Hal yang sama juga berlaku untuk biawak.
2. Ulat
Sama dengan yang terjadi pada ular, ulat melakukan puasa sebelum bermertamofosis menjadi kupu-kupu. Sebelum menjadi kupu-kupu, ulat akan berpuasa selama lebih kurang 14-16 hari saat menjadi kepompong.
3. Ayam Betina
Hewan yang satu ini juga sering melakukan praktik puasa. Setiap kali mengerami telur, ayam betina akan berpuasa agar suhu badannya meningkat, sehingga telur yang dierami dapat menetas sempurna menjadi anak ayam.
4. Unta
Hidup di daerah padang pasir, membuat hewan yang satu ini mampu berpuasa tanpa makan dan minum hingga berhari-hari. Namun ketika menemukan sumber air atau makanan, unta akan makan dan minum sebanyak-banyaknya. Nantinya, semua itu akan ia simpan di makanan sebagai cadangan makanan agar kuat berpuasa.