Inilah 5 Cara Mencontek Para Pelajar Modern di Seluruh Dunia


Ulah pelajar yang ingin mendapatkan nilai bagus dengan cara yang nggak terpuji ini bakal bikin kamu geleng-geleng kepala. Niat banget soalnya! Coba deh kalau mereka belajarnya seniat usaha buat nyontek ya. Huft.


Pakai pulpen canggih



Sejumlah pelajar di China menggunakan sebuah pulpen canggih ketika mengikuti ujian. Pulpen tersebut dilengkapi kamera tersembunyi untuk mengambil gambar soal ujian. Persis banget sama adengan difilm film James Bond.


Soal ujian yang sudah didapat itu akan dikirim melalui rompi atau kaos dalam berteknologi radio lewat suatu ponsel ke ‘penerima’ yang bertugas mengerjakan soal-soal tersebut.


Untungnya sih aksi nakal para peserta ujian ituepergok dan mereka pun mendapatkan sanksi dari dinas pendidikan China.


Universitas Harvard Mencontek via aplikasi ponsel



Waduh nggak salah nih Harvard? Bener kok! Di tahun 2012 lalu, mahasiswa di kampus tersebut dituduh melakukan kecurangan saat ujian akhir semester. Mereka dituding telah mencontek saat ujian dengan menggunakan aplikasi ponsel.


Isu ini langsung membuat Dewan Pendidikan Kampus menggelar investigasi besar-besaran . Investigasi yang dipimpin langsung Rektor Jay Harris bersama beberapa dosen ini akan menginterogasi 125 mahasiswa karena isu mencontek itu membuat pihak nya malu.

Ponsel pengirim kunci jawaban



Sejumlah pelajar berupaya melakukan aksi mencontek dengan menggunakan ponsel yang berfungsi untuk mengirim kunci jawaban. Selain itu ponsel tersebut juga menyediakan kunci berupa pembahasan lisan yang bisa disambungkan ke earphone mini yang tersembunyi di telinga mereka untuk dapat didengar secara langsung.


Aksi ini  sendiri gagal karena pada akhirnya aksi menyontek siswa tersebut berhasil kepergok oleh pihak kepolisian.


Hacker Bocorkan Soal



Diketahui kalau sekelompok pelajar di Inggris, China, dan Korea Selatan di tahun 2013 telah berkerja sama dalam beberapa tahun terakhir saat mau ujian. Para pelajar ini saling mendapatkan kunci jawaban setelah adanya pembocoran tes masuk universitas (Scholastic Aptitude Test/SAT) yang dipakai untuk masuk ke kampus-kampus bergengsi dunia.


Semua soal soal ujian tersebut bocor cuma beberapa jam sebelum ujian. Hal ini membuat otoritas pendidikan menduga ada pelajar yang membayar hacker untuk mengakses bank soal.


Pakai kacamata canggih



Ini nih yang paling baru guys. Sejumlah pelajar di Thailand ketahuan telah melakukan aksi nyontek saat melakukan ujian masuk di Fakultas Kedokteran.


Salah satu pengelola Universitas Rangsit di Bangkok, Thailand mengatakan jika dirinya telah berhasil mengamankan pelajar yang nyontek memakai kamera tersembunyi yang dipasang di kacamata dan terhubung dengan “smart watch”.


Kasus pelajar nyontek dengan kacamata kamera inipun membuat heboh natizen Thailand. Banyak natizen yang membandingkannya dengan film Hollywood  dibintangi Tom Cruise, Mission Impossible.


Itu dia 5 aksi mencontek nekat dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Menurut kamu kreatif atau bikin sedih nih? Share pendapat kamu ya!